ORGANISASI DAN ARSITEKTUR
KOMPUTER
Pada awal semester 3 ini, saya sudah langsung disibukkan dengan tugas perdana
saya terkait mata kuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer. Saya mengira
perkuliahan minggu pertama pasti hanya perkenalan dan kesepakatan kontrak
kuliah, ternyata meleset. Dosen saya langsung memberikan tugas rumah untuk
mencari materi tentang Organisasi dan Arsitekturr komputer. Baiklah langsung
saja kita lihat materinya berikut ini.
1.Pengertian
a.
Organisasi Komputer
Organisasi komputer adalah
bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar
komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya.
Biasanya mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer
dan hubungan antara komponen-komponen sister komputer.
Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.
Jika organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem computer,dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural
contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.
Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.
Jika organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem computer,dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural
contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.
b.
Arsitektur Komputer
Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Perbedaan
Utamanya:
· Organisasi
Komputer
Bagian yang terkait dengan erat unit-unit operasional
contohnya: teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinya-sinyal control
Bagian yang terkait dengan erat unit-unit operasional
contohnya: teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinya-sinyal control
·
Arsitektur
komputer
Atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programer
contohnya: Set instektur, aritmatika yang di pergunakan, teknik pengamatan, mekanisme I/O
Atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programer
contohnya: Set instektur, aritmatika yang di pergunakan, teknik pengamatan, mekanisme I/O
a. Fungsi
· Fungsi
merupakan operasi dari masing-maSsing komponen sebagai bagian dari struktur.
Semua komputer berfungsi untuk :
1. Pengolahan data (Data Processing)
2. Penyimpanan data (Data Storage)
3. Pemindahan data (Data Movement)
4. Control
b. Struktur
Struktur merupakan bagaimana masing-masing komponen saling berhubungan satu dengan yang lain.
3.Struktur dan Unit Fungsional Dasar Komputer
4.Apakah Itu Komputer?
6.Evolusi Komputer
Semua komputer berfungsi untuk :
1. Pengolahan data (Data Processing)
2. Penyimpanan data (Data Storage)
3. Pemindahan data (Data Movement)
4. Control
b. Struktur
Struktur merupakan bagaimana masing-masing komponen saling berhubungan satu dengan yang lain.
3.Struktur dan Unit Fungsional Dasar Komputer
Penjelasan Unit Fungsional :
1. Input Device (Alat Masukan) Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan
data atau perintah ke dalam komputer
2.
Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran
sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas),
soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
3. I/O
Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem.
Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
4.
CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional,
yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU
(Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
5. Memori
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal.
Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk
menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only
Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia
informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
6.
Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer.
Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit
data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada
suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan.
Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data
bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
7.
Address Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses
transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan
ditulis atau dibaca.Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur
paralel.
8. Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan
Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.
4.Apakah Itu Komputer?
a. Menurut
Kamus :
1. Oxford
English Dictionary (OED2) edisi ke-2 :
Computer
sebagai suatu perangkat yang digunakan untuk menghitung atau mengendalikan
operasi- operasi yang dinyatakan dalam bentuk numerik atau logika.
b.Menurut Ahli
Larry Long dan Nancy Long :
2. Komputer adalah alat hitung elektronik yang bisa
menginterpresentasikan serta melaksanakan perintah program berupa input,
output, perhitungan, dan operasi-operasi logik lainnya.
c. Menurut Pendapat
Saya :
Komputer
adalah alat bantu yang digunakan manusia pada saat ini yang memudahkan manusia
dalam pekerjaan dan membuat tugas-tugas bagi para siswa yang mulai duduk di
bangku Sekolah Menengeh pertama bahkan hingga mahasiswa pun dalam mengerjakan
tugas-tugas yang diberikan oleh dosen maupun kami para mahasiswa khususnya yang
berjurusan Tekhnik Informatika ataupun Pendidikan Tekhnik Informatika sekalipun
karena itu sangatlah membantu sekali bagi kita para mahasiswa.
5.Komputer ada 4 golongan yaitu:
1.Peralatan
Manual
Merupakan peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor
terpenting dalam pemakaian alat yaitu menggunakan tenaga tangan manusia
2.Peralatan
Mekanik
Merupakan peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan
tangan secara manual.
3.Peralatan
Mekanik Elektronik
Merupakan peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis
oleh motor elektronik.
4.Peralatan
Elektronik
Merupakan peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh beberapa
peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya
komputer.
6.Evolusi Komputer
a. Komputer Generasi
Pertama (1944 – 1959)
Generasi pertama komputer digital elektronik yang digunakan untuk kebutuhan umum
atau yang sering disebut dengan ENIAC (Electronic Numerical Integrator and
Calculator) yang dirancang oada tahun 1942, dan mulai dibuat pada tahun 1943
oleh Dr. John W. Mauchly dan John Presper Eckert di Moore School of Electrical
Engineering (University of Pennsylvania) dan baru selesai pada tahun 1946. ENIAC
berukuran sangat besar, untuk penempatannya membutuhkan ruang 500m2. ENIAC
menggunakan 18.000 tabung hampa udara, 75.000 relay dan saklar, 10.000
kapasitor, dan 70.000 resistor. Ketika dioperasikan, ENIAC membutuhkan daya
listrik sebesar 140 kilowatt dengan berat lebih dari 30 ton, dan menempati
ruangan 167 m2.
Sifat-sifatnya:
Sifat-sifatnya:
1.Ukurannya
besar dan memerlukan tempat yang sangat luas
2.Memerlukan
banyak Pendingin (AC) karena banyak mengeluarkan panas
3.Prosesnya
relatif lambat
4.Kapasitas
untuk menyimpan data kecil.
b. Komputer Generasi ke-dua (1960 – 196)
Di generasi kedua ini terdapat transistor yang merupakan ciri khas
komputer generasi kedua. Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor,
yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan, maka
daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi. Dengan
demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal. Transistor juga
merupakan sebagai komponen padat, yang mempunyai banyak keunggulan seperti
misalnya: tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. dan dengan demikian,
komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah. Pada tahun 1960-an, IBM
memperkenalkan komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan
secara luas mulai beredar dipasaran.
Sifat-sifatnya:
1.Ukurannya
relatif kecil
2.Tidak
banyak mengeluarkan panas
3.Telah
mengenal Magnetic Tape dan Magnetic Disk untuk menyimpan data
4.Mulai
mengenal Tele Processing (time sharing yang memungkinkan beberapa user dapat memakai kokmputer secara bersama-sama)
5.Proses
relatif lebih cepat
6.Kapasitas
untuk menyimpan data semakin besar.
7.Tidak
membutuhkan tegangan listrik sebesar generasi sebelumnya
8.Memory
masih cukup kecil tapi masih lebih besar dibandingkan dengan komputer
sebelumnya.
c. Komputer Generasi ke-tiga (1964-1975)
Pada generasi ketiga ini terdapat ciri khas nya yaitu Integrated Circuit atau
IC-Chip yang merupakann secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter
berhasil yang diciptakan karena konsep dari generasi ketiga ini yaitu semakin
kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk terus
melakukan pelbagai penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung
dalam satu bentuk yang sangat kecil.
Ciri ciri
komputer generasi ketiga :
1.Komponen
elektronikanya dari Integrated Circuit (IC) yang berbentuk lempengan atau chip
2.Program
dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language), yaitu: BASIC,
FORTRAN, COBOL
3.Sudah
menerapkan konsep multi processing dan dapat menjalankan program lebih dari
satu multi programming dalam waktu yang bersamaan.
d.
Komputer generasi ke-empat (1975 – Sekarang)
Pada generasi ke empat ini jga masih menggunakan IC/chip untuk pengolahan dan
penyimpanan data. generasi ini lebih maju karena di dalamnya terdapat beratus
ribu komponen transistor. Proses pembuatan IC komputer generasi ini dinamakan
pengintegrasian dalam skala yang sangat besar. Pengolahan data dapat dilakukan
dengan lebih cepat atau dalam waktu yang singkat. Media penyimpanan komputer
generasi ini lebih besar dibanding generasi sebelumnya. Komputer generasi ini
sering disebut komputer mikro. Contohnya adalah PC (Personal Computer).
Teknologi IC komputer generasi ini yang membedakan antara komputer mikro dan
komputer mini serta main frame.
Ciri-Ciri Komputer generasi Keempat:
Ciri-Ciri Komputer generasi Keempat:
1.Mulai
dikembangkan suatu jaringan komputer lokal yang menggunakan ARCNET (Attach
Research Computing Network).
2.Program
dibuat dengan bahasa: BASIC, FORTRAN, COBOL, PASCAL
3.Telah
menggunakan Metal Oxide Semiconductor (MOS).
f. Komputer
generasi ke-lima (Sekarang - Masa depan)
Di generasi ke lima ini yang di dalam dalam sejarah evolusi komputer
merupakan komputer impian masa depan. Ia diperkirakan mempunyai lebih banyak
unit pemprosesan yang berfungsi bersamaan untuk menyelesaikan lebih daripada
satu tugas dalam satu masa. Komputer ini juga mempunyai ingatan yang amat besar
sehingga memungkinkan penyelesaian lebih dari satu tugas dalam waktu bersamaan.
Unit pemprosesan pusat juga dapat berfungsi sebagai otak manusia. Komputer ini
juga mempunyai kepandaian tersendiri, merespon keadaan sekeliling melalui
penglihatan yang bijak dalam mengambil sesuatu keputusan bebas dari pemikiran
manusia yang disebut sebagai artificial intelligenc
Sifat-sifatnya:
Sifat-sifatnya:
1.Dapat
membantu menyusun program untuk dirinya sendiri.
2.Dapat
menerjemahkan dari suatu bahasa ke bahasa lain.
3.Dapat
membuat pertimbangan-pertimbangan logis.
4.Dapat
mengolah gambar-gambar dan grafik dengan cara yang sama dengan mengolah kata,
Sumber :
- http://asep.ilearning.me/pengertian-perbedaan-organisasi-komputer-dengan-arsitektur-komputer-2
- http://dikaindo1.blogspot.co.id/2015/09/evolusi-komputer-dari-generasi-pertama.html
- http://arifshofwan.blogspot.co.id/2014/09/evolusi-komputer.html
- http://dikaindo1.blogspot.co.id/2015/09/evolusi-komputer-dari-generasi-pertama.html
- http://arifshofwan.blogspot.co.id/2014/09/evolusi-komputer.html
Terima Kasih Infonya gan Sangat Bermanfaat… Bagi yang mau belajar pemrograman ini alamat link buat belajar pemrograman
BalasHapushttps://combro.xyz https://combro.xyz/category/algoritma-pemrograman/ https://combro.xyz/organisasi-komputer/ https://combro.xyz/sistem-operasi/ https://combro.xyz/komunikasi-data/ https://combro.xyz/olahraga/ https://combro.xyz/konsep-multimedia/ https://combro.xyz/pemrograman-berorientasi-objek/ https://combro.xyz/perancangan-web/ https://combro.xyz/jaringan-komputer/ Banyak Informasi seputar Pelajar, Mahasiswa, pemrograman dan perkuliahan
oke min
BalasHapuslampu servis hp