Jumat, 09 September 2016

STATISTIKA & PROBABILITAS

STASISTIK & STATISTIKA





1. Pengertian Statistik & Statistika
       Statistik adalah hasil-hasil pengolahan dan analisis data. Statistik dapat berupa mean, modus, median, dan sebagainya. Statistik dapat digunakan untuk menyatakan kesimpulan data berbentuk bilangan yang disusun dalam bentuk tabel atau diagram yang menggambarkan karakteristik data.
       Statistika ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan dan penyusunan data, pengolahan data, dan penganalisisan data, serta penyajian data berdasarkan kumpulan dan analisis data yang dilakukan.

 2. Jenis dan Kegunaan Statistik 
a.Berdasarkan fase / tujuan analisisnya
       Dapat dibedakan menjadi dua yakni, Statistika Deskriptif dan Statistika Inferensial. Statistika deskriptif berhubungan dengan pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data tanpa pengambilan kesimpulan yang bersifat umum atau generalisasi.  Data pada statistika deskriptif disajikan dalam bentuk tabel, diagram, grafik, lingkaran, polygon, perhitungan mean, median, modus, persentil, desil, perhitungan penyebaran data melalui perhitungan rata-rata dan standar deviasi, perhitungan prosentase.
b.Berdasarkan orientasi pembahasan
     Dapat dibedakan menjadi dua yakni Statistika Matematika dan Statistika Terapan. Statistika matematika sama halnya dengan statistika teori yakni lebih mengutamakan pada pemahaman akan model, penurunan konsep dan rumus-rumus statistika secara matematis-teoritis, seperti pemahaman dan penggunaan uji-t, uji normalitas, analisis regresi, uji homogenitas, galat, dan lain-lain. Sedangkan, Statistika terapan lebih mengutamakan pada pemahaman konsep dan teknik-teknik statistika serta penguunaannya atau penerapannya dalam disiplin ilmu tertentu (lebih spesifik) seperti, Statistika Sosial.
c.Berdasarkan jumlah variabel terikat
     Dapat dibedakan yakni Statistika Univariat dan Statistika Multivariat. Statistika Univariat melibatkan hanya satu variabel terikat, sedangkan Statistika Multivariat memiliki lebih dari satu variabel terikat.
d.Dilihat dari asumsi mengenai distribusi populasi data yang dianalisis,
     Dapat dibedakan menjadi Statistika parametrik dan Statistika non-parametrik. Statistika parametrik merupakan statistika yang didasarkan model distribusi normal, sedangkan Statistika non-parametrik merupakan statistika dengan teknik-teknik yang tidak didasarkan pada model distribusi normal atau distribusi bebas.

3.Data & Penyajiannya
   1.Penyajian Data dalam Bentuk Tabel Frekuensi.
        Data dapat kita sajikan dalam bentuk tabel atau daftar. Jika data yang akan disajikan cukup besar maka harus dikelompokan terlebih dahulu, kemudian di susun dalam bentuk tabel yang disebut daftar sebaran frekuensi atau daftar distribusi frekuensi.
a. Daftar Distribusi Frekuensi.
• Daftar Distribusi Frekuensi Data Tunggal.




• Daftar Distribusi Frekuensi Data Kelompok.
   

     Terdapat istilah-istilah yang penting dalam membuat daftar distribusi frekuensi data berkelompok yaitu sebagai berikut :
a) Kelas interval.
b) Batas kelas.
c) Tepi kelas.
d) Panjang kelas.
e) Titik tengah kelas.

• Cara menyusun Daftar Distribusi Frekuensi Berkelompok.
     Terdapat langkah-langkah yang perlu di perhatikan dalam menyusun daftar distribusi frekuensi
berkelompok yaitu :
a) Menentukan nilai data terbesar, Xmaks, dan nilai terkecil , Xmin , kemudian di tentukan jangkauannya (J) dengan rumus :
J = X¬maks – Xmin
b) Menentukan banyaknya kelas interval. Salah satu cara untuk menentukan banyaknya kelas interval (k) dari n buah data adalah berdasarkan aturan Sturgess, yaitu :
K = 1 + 3,3 log n
Pada umumnya di ambil nilai 5 ≤ k ≤ 15, tetapi bila jangkauannya besar di ambil Nilai
k : 10 ≤ k ≤20.
c) Menentukan panjang kelas (c) dengan rumus :
c = J/k
d) Menyusun daftar distribusi frekuensi dengan menetapkan kelas-kelas sehingga nilai statistik minimum termuat dalam kelas interval terendah, tetapi tidak harus sebagai batas bawah kelas. Selanjutnya, menetapkan frekuensi tiap kelas yang dapat di lakukan dengan menggunakan rumus.
Daftar Distribusi frekuensi Kumulatif, Frekuensi Relatif, dan Frekuensi Kumulatif relatif.
Daftar Distribusi frekuensi kumulatif dapat di susun dari daftar distribusi frekuensi berkelompok. Terdapat dua jenis frekuensi kumulatif, yaitu kumulatif kurang dari tepi atas (fk ≤ ta) dan frekuensi kumulatif lebih dari tepi bawah (fk ≥ tb).
Contoh : Daftar Distribusi Frekuensi Kumulatif

     Pada setiap frekuensi fi, dalam daftar distribusi frekuensi yang dinyatakan dalam persentase di sebut frekuensi relatif (fr). frekuesi relative dapat di tentukan dengan rumus :
fr = fi /n X 100%
      Selanjutnya daftar distribusi frekuensi kumulatif relatif dapat di susun dari daftar distribusi kumulatif. Seperti halnya frekuensi kumulatif, terdapat dua jenis frekuensi kumulatif relatif, yaitu frekuensi kumulatif relatif kurang dari tepi atas (fkr ≤ ta) dan frekuensi kumulatif relatif lebih dari tepi bawah (fkr ≥ tb ). Kedua frekuensi kumulatif relative tersebut dapat di tentukan dengan rumus:
(fkr ≤ ta ) =(fk ≤ ta )/n X 100% (fkr ≥ tb ) =(fk ≥ tb )/n X 100%

   2. Penyajian Data dalam Bentuk Diagram 
a.Diagram Garis.
     Merupakan grafik berupa garis, diperoleh dari beberapa ruas garis yang menghubungkan titik-titik pada bidang bilangan. Pada grafik garis digunakan dua garis yang saling berpotongan. Pada garis horizontal (sumbu-X) ditempatkan bilangan-bilangan yang sifatnya tetap, seperti tahun dan ukuran-ukuran. Pada garis tegak (sumbu-Y) ditempatkan bilangan-bilangan yang sifatnya berubah-ubah.
Contohnya tentang perkembangan volume jumlah kendaraan yang melintasi jalan A dalam kurun waktu pukul 0.00 s/d 19.12


b.Diagram Batang
      Merupakan grafik data berbentuk persegi panjang yang lebarnya sama dan dilengkapi dengan skala atau ukuran sesuai dengan data yang bersangkutan. Setiap batang tidak boleh saling menempel atau melekat antara satu dengan lainnya dan jarak antara setiap batang yang berdekatan harus sama.
Ada berbagai bentuk, yaitu: Grafik batangan tunggal (single bar chart), Yaitu grafik yang terdiri dari satu batangan untuk menggambarkan perkembangan (trend) dari suatu karakteristik. Grafik batangan berganda (multiple bar chart), Yaitu grafik yang terdiri dari beberapa garis untuk menggambarkan beberapa hal/kejadian sekaligus.

c.Diagram Lingkaran.
      Merupakan grafik yang menggambarkan perbandingan nilai-nilai dari suatu karakteristik. Untuk mengetahui perbandingan suatu data terhadap keseluruhan, suatu data lebih tepat disajikan dalam bentuk diagram lingkaran. Grafik data berupa lingkaran yang telah dibagi menjadi juring-juring sesuai dengan data tersebut. Bagian-bagian dari keseluruhan data tersebut dinyatakan dalam persen atau derajat.


d.Diagram Pictogram.
      Pictogram merupakan bentuk penyajian data statistika dalam bentuk gambar-gambar. Gambar yang digunakan disesuaikan dengan objek yang dideskripsikan yang digunakan untuk mewakili sejumlah objek


e.Diagram Histogram.
      Penyajian distribusi frekuensi menggunkan gambar yang berbentuk diagram batang tegak. Antara dua bantang yang berdampingan tidak terdapat jarak lebar batang merupakan lebar interval di mulai dari tepi bawah sampai tepi atas interval.
Tepi Bawah = Batas Bawah – 0.5
Tepi Atas = Batas Atas + 0.5


f.Diagram Polygon.
      Dan apabila pada titik-titik tengah dari histogram dihubungkan dengan garis dan batang-batangnya dihapus, maka akan diperoleh poligon frekuensi. Berdasarkan contoh di atas dapat dibuat poligon frekuensinya seperti gambar berikut ini.

       

        
4. Jenis - Jenis Data Statistik 
     A. Jenis Data Menurut Cara Memperolehnya
1.Data primer
     Data Primer merupakan data yang secara langsung dapat diambil dari objek / obyek penelitian oleh peneliti perorangan maupun organisasi. Contohnya  mewawancarai langsung penonton bioskop  untuk meneliti preferensi konsumen bioskop.
2.Data Sekunder
      Data sekunder merupakan data yang  tidak secara langsung didapat dari objek penelitian. Peneliti mendapatkan data yang sudah jadi yang dikumpulkan oleh pihak lain dengan berbagai cara atau metode baik secara komersial maupun non komersial. Contohnya yaitu pada peneliti yang menggunakan data statistik hasil riset dari surat kabar atau majalah.

B. Macam-Macam Data Berdasarkan Sumber Data

1.Data Internal
     Data internal merupakan data yang menggambarkan situasi dan kondisi pada suatu organisasi secara internal. Misalnya data keuangan, data pegawai, data produksi, dsb. 
2.Data Eksternal
     Data eksternal merupakan data yang menggambarkan situasi serta kondisi yang ada di luar organisasi. Contohnya yaitu data yang jumlah penggunaan suatu produk pada konsumen, tingkat preferensi pelanggan, persebaran penduduk.

C. Klasifikasi Dara Berdasarkan Jenis Datanya

1. Data Kuantitatif
     Data kuantitatif merupakan data yang dapat dipaparkan dalam bentuk angka-angka. contohnya yaitu jumlah pembeli saat hari raya idul adha, tinggi badan siswa kelas 3 ips 2.
2. Data Kualitatif
     Data kualitatif merupakan data yang disajikan dalam bentuk kata-kata yang mengandung makna. Contohnya seperti persepsi konsumen terhadap botol air minum dalam kemasan, anggapan para ahli terhadap psikopat.

D. Pembagian Jenis Data Berdasarkan Sifat Data

1. Data Diskrit
     Data diskrit merupakan data yang nilainya yaitu bilangan asli. Misalnya yaitu berat badan ibu-ibu pkk sumber waras, nilai rupiah dari waktu ke waktu,
2. Data Kontinyu
     Data kontinyu merupakan data yang nilainya ada pada suatu interval tertentu atau berada pada nilai yang satu ke nilai yang lainnya. Misalnya saja penggunaan kata sekitar, kurang lebih, kira-kira, dan sebagainya.

E. Jenis-jenis Data Menurut Waktu Pengumpulannya

1. Data Cross Section
     Data cross-section merupakan data yang menunjukkan titik waktu tertentu. Misalnya saja laporan keuangan per 11 Januari 2020, data pelanggan PT. Devi imut bulan mei 2016
2. Data Time Series / Berkala
     Data berkala merupakan data yang datanya menggambarkan sesuatu dari waktu ke waktu ataupun periode secara historis. Misalnya saja data time series yang merupakan data perkembangan nilai tukar dollar Hongkong terhadap euro eropa dari tahun 2011 sampai 2017.


Sumber :
-  http://www.pengertianahli.com/2013/10/pengertian-statistika-dan-statistik.html# 
http://momentumsudutdanrotasibendategar.blogspot.co.id/2013/10/pengertian-dan-kegunan-statistika.html
- http://ueu201366038.weblog.esaunggul.ac.id/2015/10/04/penyajian-data-statistik/
- http://nurindahyuliastuti.blogspot.co.id/2012/12/klasifikasi-jenis-dan-macam-data.html


0 komentar:

Posting Komentar